1. Di
dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada
factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam
perubahan harus melihat pada aspek ?
a. Pembagian
kerja
b. Rantai
perintah
c. Tipe
pekerjaan yang dilaksanakan
d. Pengelompokan
segmen-segmen pekerjaan
e. Tingkatan
manajemen
2. Dalam
sifat dinamisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu
sebutkan ?
a.
FAKTOR
INTERN (DALAM)
· Tujuan
· Manusia-manusia
· Tata hubungan
· Tujuan
· Manusia-manusia
· Tata hubungan
b.
FAKTOR
EKTERN (LUAR)
NON FISIK
· Bersifat Konstitusional-politis
Contoh: UUD, Tap MPR, KEPRES, SISTEM PEMERINTAHAN
· Bersifat Sosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat, peranan kelompok.
· Bersifat Sosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah penduduk, Lapangan kerja.
· Bersifat Sosial-religius
Contoh: Pengaruh Agama, Hubungan pemeluk agama, Organisasi keagamaan.
· Bersifat Sosial-kultur
Contoh: Tingkat kecerdasan berpikir.
· Bersifat Teknik-teknologis
Contoh: Penemuan teknologi
NON FISIK
· Bersifat Konstitusional-politis
Contoh: UUD, Tap MPR, KEPRES, SISTEM PEMERINTAHAN
· Bersifat Sosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat, peranan kelompok.
· Bersifat Sosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah penduduk, Lapangan kerja.
· Bersifat Sosial-religius
Contoh: Pengaruh Agama, Hubungan pemeluk agama, Organisasi keagamaan.
· Bersifat Sosial-kultur
Contoh: Tingkat kecerdasan berpikir.
· Bersifat Teknik-teknologis
Contoh: Penemuan teknologi
3. Komplesitas
merupakan bagian dari struktur organisasi yang mempunyai arti penting bagi
seorang manajer, jelaskan arti penting tersebut ?
-
Untuk memudahkan
seorang manajer untuk mengatur dan mengawasi system organisasi
4. Sebutkan
pentingnya suatu organisasi melakukan restruturisasi pada bidang formalisasi ?
- Restrukturisasi
diartikan sebagai penataan kembali struktur badan/lembaga sehingga kinerja
badan/lembaga tersebut dapat lebih efektif dan efisien. Kata efisiensi sering
dianalogikan dengan penghematan, yakni usaha-usaha untuk meningkatkan hasil
kerja lembaga badan/lembaga sehingga dengan penggunaan sumber daya sekecil
mungkin mendapatkan hasil kerja yang sebesar mungkin.
5. Jelaskan
mengapa suatu organisasi lebih baik menggunakan desentralisasi dari pada
sentralisasi dalam memanajemen organisasi dan pengambilan keputusan ?
-
sebagian besar
keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa
adanya campur tangan dari pemerintahan di pusat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar